Standar Konten di Social Connect

Ketentuan Artikel di Sosial Connect

  1. Social Connect menyajikan artikel seputar kesehatan mental dan isu terkini dalam lingkup yang sama.

  2. Artikel yang kami sediakan terdiri dari  350 s.d. 600 kata.

  3. Panjang artikel cukup untuk dibaca dalam waktu 2-3 menit.

  4. Semua artikel yang kami sajikan sudah disederhanakan dengan meminimalisir bahasa serapan ataupun kata-kata sulit yang mengurangi kenyamanan dalam membaca.

  5. Pada umumnya, artikel dibuat dengan sudut yang menarik untuk dibaca, informatif, mengandung nilai edukasi, dan spesifik.

  6. Artikel di Social Connect tidak dapat menggantikan saran ataupun resep dari dokter/ psikolog. Artikel hanya dirancang untuk memperkaya informasi, pengetahuan, dan upaya preventif pada seluruh masyarakat.

  7. Artikel di Social Connect tidak mengandung unsur politis, SARA, misi agama, dan unsur-unsur yang dapat mengancam kesatuan NKRI.

  8. Artikel di Social Connect sudah disesuaikan dengan keadaan sosial, budaya, dan keseharian masyarakat Indonesia.

  9. Semua artikel tidak bertujuan untuk menekan, menakuti, memperburuk keadaan mental, dan menilai sikap pembaca. Kami sangat berhati-hati dalan memberikan saran, upaya preventif, dan lainnya. Jika ditemukan hal-hal yang tidak sesuai pada artikel kami, silakan kirimkan email kepada kami di: halo@socialconnect.id

Penulis Artikel di Social Connect

  1. Penulis Tetap

    • Penulis tetap sudah menjadi bagian dari Social Connect.

    • Penulis tetap sudah melalui masa uji coba dan pembekalan sehingga memahami apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

    • Penulis tetap sudah menulis konten secara mandiri dan profesional dari sumber yang sudah teruji secara medis dan akademis.

    • Semua tulisan penulis tetap dipublikasikan pada kolom-kolom Social Connect, kecuali kolom kontributor.

  2. Penulis Kontributor

    • Penulis kontributor menjadi bagian dari Social Connect selama masa program.

    • Semua penulis kontributor mengikuti masa program untuk menghasilkan 3 artikel selama 1 bulan.

    • Selama masa program, penulis kontributor dibekali pengetahuan yang mendalam terkait dengan Ejaan Bahasa Indonesia, gaya bahasa yang digunakan di Social Connect, dan sumber yang diperbolehkan sebagai rujukan artikel.

    • Tim Social Connect memberikan pendampingan yang intensif kepada seluruh penulis kontributor.

    • rata-rata penulis kontributor adalah mahasiswa pada perguruan tinggi di Indonesia, beberapa berasal dari jurusan psikologi dan yang lainnya berasal dari berbagai bidang ilmu.

Proses Publikasi Artikel di Social Connect

  1. Artikel Social Connect

    • Artikel Social Connect ditulis oleh penulis tetap di Social Connect.

    • Semua artikel digagas pertama kali melalui pengemukaan ide dan rujukan bacaan oleh penulis bersama tim content di Social Connect.

    • Setelah ide dikemukakan, dilanjutkan dengan pengecekan dari bacaan dan rujukan yang digunakan oleh penulis.

    • Setelah itu,  dilakukan proses editing oleh tim editor mengenai ejaan yang berpedoman pada PUEBI dan tata bahasa yang digunakan di Social Connect.

    • Sebelum publikasi, akan dilakukan review medis, psikologis, dan akademis terhadap artikel di Social Connect oleh tim dengan latar belakang pendidikan psikologi.

    • setelah itu akan dipublikasikan pada semua kolom di Social Connect, kecuali kolom kontributor.

  2. Artikel Kontributor

    • Artikel kontributor ditulis oleh penulis kontributor di Social Connect.

    • Semua artikel kontributor akan melewati proses editing terlebih dahulu yang sama dengan artikel penulis tetap.

    • Artikel kontributor akan dipublikasikan pada kolom kontributor untuk memperkaya ilmu dan pengetahuan yang lebih umum pada isu kesehatan mental.

Sumber dan Rujukan Bacaan di Social Connect

  1. Semua sumber dan rujukan bacaan di Social Connect baik berupa website, jurnal, atau buku yang dipastikan telah ditulis oleh lembaga yang bertanggung jawab dan kredibel di bidangnya.

  2. Kami tidak mengizinkan pengambilan sumber dan rujukan tulisan dari open sources atau website yang bisa diedit oleh siapa saja di internet, seperti wikipedia.

  3. Kami tidak mengizinkan pengambilan sumber dan rujukan tulisan dari blog pribadi seseorang, baik itu blog dosen, mahasiswa, pekerja lepas, penulis lepas, dan blog komersial lainnya.

  4. Kami tidak mengizinkan pengambilan sumber dan rujukan artikel dari tulisan yang ditulis oleh publik secara bebas tanpa proses review dan editing, seperti citizen journalism dan community content creator lainnya.

  5. Kami tidak mengizinkan pengambilan sumber dan rujukan tulisan dari skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir, tugas dosen, tugas kelompok, tugas magang, laporan PKN/ KKN/ PPL/ KKL, dan script serupa yang tidak melalui proses editing atau tidak di publikasi dari lembaga yang kredibel di bidangnya.

Sitasi Artikel di Social Connect

  1. Artikel di Social Connect bersifat terbuka dan bebas dibaca oleh siapa pun.

  2. Jika artikel di Social Connect ingin dijadikan rujukan atau sumber bacaan, harus mencantumkan sumber asli Social Connect pada daftar pustaka. Jika tidak, dianggap pelanggaran hak milik Social Connect.

  3. Artikel di Social Connect tidak boleh diperjualbelikan dalam bentuk apa pun.

  4. Artikel di Social Connect boleh dijadikan acuan skripsi dan tugas lainnya dengan melibatkan sumber-sumber penelitian yang lebih kredibel dan kuat secara data.

  5. Jika ingin membeli artikel, memasang iklan, dan hal lainnya, bisa menghubungi Tim Social Connect dengan email ke: halo@socialconnect.id

Bekerja sama dengan Social Connect

Jika ingin bekerja sama dengan Social Connect, silakan menghubungi kami via email ke: halo@socialconnect.id Kami sangat terbuka dengan segala jenis kerja sama yang bersifat positif dan dapat membantu pembaca untuk menjadi lebih baik dari segi medis maupun kesehatan mental.

Create by Social Connect with ♥️

  • Black Facebook Icon
  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon