Menjadi Caregiver Penderita Illness Anxiety Disorder

Hallo, Socconians!

Apakah kalian pernah mendengar illness anxiety disorder? Illness anxiety disorder adalah kondisi di mana seseorang memiliki kecemasan berlebihan bahwa dirinya mengidap penyakit serius. Illness anxiety disorder atau gangguan kecemasan penyakit sebelumnya disebut dengan hipokondriasis. Akan tetapi, kini hipokondriasis dipecah menjadi dua kondisi, yaitu illness anxiety disorder dan somatic symptom disorder.

Menurut situs Hoover & Associates, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk membantu penderita illness anxiety disorder.


Pertama, pelajari apa itu illness anxiety disorder. Zaman sekarang memang nggak bisa dipungkiri soal banyaknya informasi. Kamu bisa memulai untuk mencari tahu tentang illness anxiety disorder, mulai dari gejala hingga pengobatannya. Namun, jangan self-diagnose, ya, karena yang satu ini tugasnya psikolog atau psikiater profesional. Untuk memahami penderita illness anxiety disorder perlu dimulai dari mengedukasi diri kamu, ya. Hal ini sangat penting, karena kalau kamu sudah mengetahui mulai dari apa itu illness anxiety disorder hingga cara penanganannya, itu akan sangat membantu teman-teman kamu. Satu hal yang paling penting, bangunlah rasa empati terhadap penderita illness anxiety disorder.


Kedua, ajaklah mereka untuk menemui ahli professional. Kalau ada kawan kamu yang suka mengeluh tiba-tiba sakit, lebih baik segera temui ahli profesional, ya. Kalau memang merasa atau mengeluhkan fisik yang sakit, kamu bisa ajak mereka ke dokter umum untuk melakukan pemeriksaan. Apabila sang dokter tidak menemukan penyebab sakit tersebut, bisa jadi kawan kamu memiliki isu illness anxiety disorder. Kamu bisa temui psikolog atau psikiater untuk menangani masalah ini. Jangan sampai kamu terjerumus ke dalam self-diagnose, ya.


Ketiga, jangan terlalu fokus pada kecemasan, cobalah alihkan perhatiannya. Saat bertemu penderita illness anxiety, tak jarang kamu akan dimintai pendapat soal kecemasan yang dialaminya. Maka, jawablah dengan tenang. Cukup jawab dengan singkat dan padat agar penderita tidak bingung soal hal-hal yang mengganggunya.


Keempat, jadilah pendengar yang baik. Kamu memiliki kerabat penderita illness anxiety disorder? Coba tanyakan perasaan mereka tentang gejala-gejala yang mereka rasakan. Sesekali lakukan sentuhan fisik guna menenangkan mereka. Bisa lewat genggaman tangan, pelukan, atau rangkulan. Ajak penderita untuk bercerita tentang keresahan yang dialaminya. Dampingi juga saat proses coping, metode yang tepat dapat meredakan rasa cemas, seperti menulis jurnal, olahraga, mendengarkan lagu, atau mengalihkan perhatian dengan hal yang positif. Coba bangun rasa empati untuk mendengar mereka. Jadilah pribadi yang suportif dan tidak judgemental. Terakhir, cobalah selalu bersabar dalam membantu mereka. Poin ini paling penting ya, Socconians.


Itulah beberapa tips dalam membantu penderita illness anxiety disorder. Kalau kamu merasa mengenal seseorang dengan isu yang sama, jangan berpikir dua kali, ya. Temani mereka, lalu ajaklah mereka pergi ke ahli profesional bila kondisinya sudah sangat parah.


Tim Penulis

Yosua Pirera dan Sepriandi.


Tim Editor

Muhammad Azimi.


Review Medis

Mozes Touw, M.Psi., Psikolog


Sumber Tulisan

  1. American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Fifth Edition (DSM-5). Washington DC: American Psychiatric Association.

  2. 10 Tips For Helping a Loved One Cope with Illness Anxiety. Hoover & Associates. https://hoover.associates/archives/3761

Create by Social Connect with ♥️

  • Black Facebook Icon
  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon