7 Kelebihan Orang dengan Disleksia

Updated: May 4

Halo, Socconians!

Di zaman sekarang, sepertinya masih banyak orang yang salah kaprah jika mendengar kata disleksia. Bahkan, masih ada asumsi di masyarakat yang menganggap disleksia sebagai kekurangan. Padahal, kondisi tersebut tidaklah mempengaruhi tingkat kecerdasan sama sekali. Lalu, apa sebenarnya pengertian disleksia? Serta, apa saja kelebihan orang dengan disleksia? Pertanyaan tersebut akan Social Connect bahas dalam artikel ini.

Menurut The International Dyslexia Association, disleksia adalah ketidakmampuan belajar spesifik yang berasal dari faktor neurobiologis. Masalah ini ditandai dengan kesulitan mengenali kata dengan lancar serta kemampuan mengeja yang buruk. Disleksia juga dapat mengganggu proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, dan mengeja, bahkan kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan, hingga mengubahnya menjadi huruf atau kalimat.


Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat Socconians ketahui bahwa kondisi disleksia memiliki beberapa keterbatasan, tapi kondisi tersebut tidak sepenuhnya akan menghambat mereka untuk sukses serta mengembangkan diri kedepannya. Menurut seorang pengajar dari University of Nottingham, Meredith Cicerchia, menyebutkan setidaknya ada tujuh kelebihan utama orang-orang dengan disleksia. Tujuh kelebihan tersebut adalah:


Berpikir luas dan pandai mengenal pola

Orang-orang dengan disleksia seringkali melihat suatu hal dengan lebih holistis (secara keseluruhan). Selain itu, orang dengan disleksia punya kemampuan untuk mengenali dan mengidentifikasi kesamaan di antara banyak hal. Kemampuan tersebut sangat berguna dalam bidang sains dan matematika.


Pandai menemukan hal tidak terduga

Menurut Pusat Penelitian Astrofisika di Harvard-Smithsonian, orang dengan disleksia lebih pandai dalam mengidentifikasi dan menghafal gambar yang kompleks. Bahkan, orang dengan disleksia banyak berprofesi sebagai peneliti dalam bidang astrofisika.


Berpikir secara visual dan spasial

Salah satu keunggulan orang dengan disleksia, yaitu kemampuan imajinasi yang lebih baik daripada orang lain. Hal tersebut membuat mereka terampil dalam manipulasi objek 3D dalam pikiran mereka. Penelitian dari University of California menyebutkan orang dengan disleksia cenderung berpikir dalam bentuk gambar. Artinya, mereka memiliki keunggulan dalam menghafal gambar ketimbang kata. Jadi, tidak aneh jika banyak orang dengan disleksia bekerja sebagai arsitek & perancang busana top dunia.


Penglihatan Unik yang Tajam

Walaupun mempunyai kesulitan untuk fokus pada kata-kata secara individual, orang-orang dengan disleksia lebih mudah memahami hal secara visual. Hal itu dibuktikan penelitian James Howard Jr., profesor psikologi dari Catholic University of America, yang membuat sebuah penelitian. Ia meminta orang-orang untuk menemukan huruf “T” dalam tumpukan huruf “L”. Hasilnya orang dengan disleksia dapat mengidentifikasinya lebih cepat dari orang lain.


Pengusaha dan pebisnis yang sukses

Tahukah kamu satu dari tiga pengusaha besar di Amerika juga mengidap disleksia? Pengusaha seperti Thomas Edison, Henry Ford, dan Steve Jobs faktanya juga merupakan orang-orang dengan disleksia. Artinya, disleksia bukanlah alasan untuk tidak dapat maju dan sukses dalam bidang yang digeluti.


Kreativitas Tingkat Tinggi

Percaya atau tidak, banyak bintang Hollywood yang juga mengidap disleksia. Dari keterbatasan tersebut mereka akhirnya melatih diri untuk fokus & memusatkan perhatian mereka menjadi sangat visual & belajar bagaimana menciptakan citra mental untuk memahami apa yang sedang dipelajari. Maka dari itu, kebanyakan bintang Hollywood mempelajari setiap hal berdasarkan sebab dan akibat. Mereka harus belajar segalanya sehingga tidak mengalami demam panggung dan tetap menjaga fokus. Contohnya Tom Cruise, Johnny Depp, dan Keanu Reeves.


Problem solving

Kemampuan untuk memecahkan masalah perlu kombinasi antara kreativitas dan keterampilan berpikir yang tinggi. Hal tersebut umumnya ditemukan pada orang-orang dengan disleksia. Mereka sangat pandai menggabungkan informasi dan sumber masalah dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Bahkan, Richard Branson (bos Virgin Group) dikenal sebagai salah satu tokoh yang punya kemampuan think outside of the box. Ia bahkan pernah mengatakan disleksia adalah kekuatan terbesarnya.


Bagaimana menurutmu, Socconians? Terlepas dari apapun tipe disleksia dan keterbatasan yang dimiliki, orang-orang dengan disleksia tetap punya potensi dan peluang untuk menjadi sukses dan berkembang di masa depan. Sebab, dari setiap kekurangan yang kamu punya, pasti ada hal lain yang lebih menonjol ketimbang orang lain. Selalu jaga kesehatan mentalmu dan sadari kesehatan mental orang-orang di sekelilingmu, ya, Socconians!


Tim Penulis

Jefri Pranata, Adithya Asprilla, dan Sepriandi.


Tim Editor

Shinta Setyaningrum, Finda Rhosyana, dan Muhammad Azimi.


Review Medis

Mozes Touw, M.Psi, Psikolog


Sumber Tulisan

  1. Cicerchia, Meredith. (2019). 3 “Dyslexia Strengths You Should Know About”. Diakses pada tanggal 14 Januari 2020 dari situs freadandspell.com

  2. Novanda, Regina. (2017), “Tom Cruise dan 5 Artis Hollywood yang Mengidap Disleksia”. Diakses pada tanggal 16 Januari 2020 dari situs fimela.com

  3. Puji, Aprinda. (2017). “Mengenal Disleksia, Gangguan Belajar yang Sering Terjadi Pada Anak”. Diakses pada tanggal 14 Januari 2020 dari situs hellosehat.com

  4. Tim Penulis Nessy (n.d). “9 Strengths of Dyslexia. Diakses pada tanggal 14 Januari 2020 dari situs nessy.com

  5. Willy, Tjin (2019). “Disleksia. Diakses pada tanggal 14 Januari 2020 dari situs alodokter.com

Create by Social Connect with ♥️

  • Black Facebook Icon
  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon